Selasa, 29 Januari 2013

Market Day Di Sekolah










Pagi hari yang cerah itu, anak-anak kelas 1B yang jumlahnya sekitar 22 orang, berangkat ke sekolah sambil membawa beraneka ragam makanan. Rupanya, mereka akan mengikuti kegiatan “Market Day” di sekolah. Wajah-wajah yang lucu dengan senyum manis mereka, menambah semaraknya acara market day pagi itu.
Seminggu sebelumnya, Bu Nining selaku guru pendamping di kelas 1B telah menginformasikan kepada anak-anak bahwa hari ini akan ada acara market day, sesuai skenario dalam lesson plan. Beberapa siswa telah diberi tugas untuk menjadi kasir, penjual, pelayan, dan nantinya juga akan menjadi pembeli di kelas lain.
Betapa mereka sangat bersemangat menyiapkan kelas yang diatur mirip seperti café. Oleh anak-anak kelas 1B, café ini diberi nama café Karunia. Disana, mereka menawarkan aneka ragam makanan. Nisa dan Akmal, anak yang pandai berhitung, didaulat menjadi kasir. Keduanya sudah menyiapkan uang receh untuk pengembalian. Arifah dan Nasywa, karena banyak berbicaranya, mendapat tugas mempromosikan dagangan. Dan murid-murid 1B yang lainnya, mendapat tugas menjaga stand makanan dan minuman. Di stand itulah mereka menjajakan beraneka ragam minuman. Antara lain, jus jambu, jus sirsak, es lilin, lemon tea, jus mangga, dan lain sebagainya. Selain minuman, ada pula yang menjual makanan basah seperti bolu caramel, donat, agar-agar, dan pudding. Ada pula yang menawarkan makanan kering seperti keripik jagung, keripik singkong, peyek kacang, peyek bayam, dan masih banyak lagi.
Betapa lucunya ketika proses pembelajaran itu dimulai. Anak-anak kelas lain yang berperan sebagai pembeli mulai bersiap-siap di depan café Karunia kelas 1B. Arifah dan nasywa yang bertugas menjadi juru promosi kini mulai beraksi. Keduanya menyanyikan lagu “Semua Bunga” yang liriknya telah diubah menjadi :
Jus jambu, jus sirsak, es lilin, dan coklat
 caramel dan pastel semua ada
Sungguh lezat rasanya
Lagi banyak gizinya
Di kelas 1B dah tersedia
Keduanya kompak sekali menyanyikannya dengan suara lantang tanpa malu, demi menarik pengunjung. Anak-anak kelas lain yang berperan sebagai pembeli sudah tidak sabar untuk masuk ke café Karunia kelas 1B. Mereka lalu masuk dan memilih jajanan sehat yang mereka sukai. Anak-anak kelas 1B yang berperan sebagai penjualpun melayani mereka dengan ramah, dan mempersilakan untuk membayar di kasir. Dagangan yang paling laris adalah minuman jus jambu dan jus sirsak yang langsung habis diborong pembeli. Azmi, Akbar, dan Wawa yang menjaga stand  minuman gembira sekali karena dagangannya laris. Sementara itu, Imam, Athaya, dan Kayla yang menjaga makanan basah cemberut karena dagangannya masih banyak. Melihat raut wajah ketiganya, Bu Nining kemudian mendekati mereka sembari berkata, “maaf nak, kalau penjualnya cemberut begitu, yang beli nanti jadi takut. Ayo tersenyum sambil ditawarkan dagangannya.” Kemudian Bu Nining memanggil Arifah dan Nasywa untuk mempromosikan dagangan yang masih banyak.
Siswa yang menjadi kasir sangat sibuk menghitung, menjumlah, dan terkadang mengurangi uangnya, sebab pembelinya tidak jadi membeli barangnya. Setelah agak siang, anak-anak memiliki ide untuk berjualan keliling menawarkan sisa-sisa dagangan yang belum laku. Arifah, anak yang enerjik langsung mengambil pastel dan caramel yang masih tersisa sambil menawarkan pastel-pastel siapa yang mau beli silahkan.......! seribu saja harganya.
Apa yang sebenarnya mereka pelajari? Mereka belajar aplikasi langsung tentang penjumlahan dan pengurangan. Anak-anak memelajari langsung bagaimana penjumlahan dan pengurangan itu bisa terjadi. Anak-anak itu juga menjadi paham fungsi praktis mempelajari penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan mereka.
Ada hal yang sangat mengesankan dari proses pembelajaran itu ada seorang anak yang menyampaikan kepada saya kalau akan menjadi kasir beneran,ada juga yang akan membantu orangtua dirumah menjaga toko,dan ada seorang anak yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha.   Subhanallah semoga semua anak akan mendapatkan barokah untuk mewujudkan cita citanyan.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...