Minggu, 23 Mei 2010

Langkah langkah detailing seorang Medichal Representative(MR)

Kita ingat dulu devinisi MR!!! MR adalah seorang duta suatu perusahaan farmasi yang bertugas diareannya dengan tugas menjalin kerjasama dengan dokter, RS, Klinik atau apotik bahkan dinas kesehatan untuk memberikan penjelasan mengenai produk yang menjadi tanggung jawabnya dengan tujuan menciptakan kebutuhan yang berupa resep sehingga terjadi pencairan obat kita di apotek.

Sukses tidaknya produk obat yang kita bawakan tergantung dari proses detailing yang kita lakukan baik kepada dokter maupun apoteker. Ada dua macam detailing menurut pengalaman penulis :
1.Detailing ful dari proses opening sd closing
2.Detailing singkat (remainding)

Detailing Ful langkah langkahnya adalah sebagai berikut ini :
1.Opening. Bisa detailing dibuka dengan salam dilanjutkan nanya kabar sidokter.
Contoh : Assalamualaikum dr yan, apa kabarnya dok. Anak sehat , Kucingnya dah beranak lagi dok…ha3x. dll.
2.Probing. Yaitu menggali pengalaman dokter dari ruang praktek.
Contoh percakapan:
detailer :dr Yan, banyak ditemukan untuk kasus konstipasi ngak dok baik pada anak maupun pada pasien dewasa.
Dokter Yan :Ada, emang kamu bawa obatnya
Detailer : tepat dokter, saya bawa dupaken untuk kasus konstipasi. Aman untuk pasien. Bekerja alami. Feses yang keras akan melunak dalam
waktu 24 jam.
Dokter Yan : Dupaken itu pencahar ya? isinya apa sih.
Detailer : bukan dokter, kerja dupaken alami sehingga tidak merusakan kolon. isinya laktulosa. zat alami yang diperlukan oleh tubuh buat perbaikan kerja kolon.

3.Closing. Yaitu penutup dari detailing tersebut.
Contoh :
Detailer : oxe dokter Yan, kalo ada kasus konstipasi jangan lupa untuk dupaken
agar bisa diresepkan. Barang 1R aja dok perhari kalo ada kasusnya.
Dokter : oxe saya bantu nanti kalo ada kasus. km bisa Bantu apa kesaya nanti ?
Detailer : dokter minta bantuan apa ke farmasi saya?
Dokter : minggu depan saya ada acara ilmiah di bali, tolongin  registrasi saya ya.
Detailer : oxe dokter. siap

2.Detailing singkat. Yaitu jika detailer berpapasan dijalan dengan dokter yang terburu buru mau jenguk pasien.
Contoh ucapan : remainding aja dok, kalo ada kasus konstipasi jangan lupa untuk dupaken nya.

Selamat mencoba bro, moga lancar salesnya.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

aku tertarik dengan cara mendetailing ini...tp koQ kucingnya ditanya udah beranak apa blom??? ada2 aja...wkwkwkwkwwkwkwk

Ayah Safa mengatakan...

Nice infonya gan...
Dulu aku pernah juga menjadi seorang Medical Representative, pengalaman yang tak akan terlupakan! Dan pengalaman tersebut juga kutuliskan di dalam blogku. Ditunggu kunjungannya.
Sukses selalu gan!

Media Curhat sebagai Pengusir Sepiku. mengatakan...

amin gan. pasti mampir. oya area mana gan detailnya?

Anonim mengatakan...

mantaf, anda pas jadi AM. area manager bukan ajek med rep........ he3x.

Professional Medical Representative mengatakan...

hehehe... yang poin ke-3 wuih syereeem... ini pengalaman pribadi yach!

Media Curhat sebagai Pengusir Sepiku. mengatakan...

ehm.............. kasih tau ga ya.

zulfan fahmi mengatakan...

Ternyata ga usah segan juga yah ke dokter kalo jadi medref.

Mira Kolaka mengatakan...

Apa nama blognya

Mira Kolaka mengatakan...

Apa nama blognya

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...