Kamis, 07 Juni 2012

Danau Toba

masihkah akan ada danau toba ?


maridi
Danau Toba, adalaha danau terindah di dunia dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km. Danau ini terletak di pulau sumatera, ditengah danau ada sebuah pulau yang disebut pulau samosir.
Danau toba memiliki potensi yang sangat besar, bukan hanya sebagai tempat pariwisata tetapi airnya juga dimanfatkan untuk pembangkit listrik yakni PLTA Sigura-gura, ada juga yang dimanfaatkan PT Inalum.
Danau ini diperkirakan terbentuk kira-kira 73000-75000 tahun yang lalau melalui aktivitas tektonovulkanik. artinya merupakan proses dari vulkanik atau biasa disebut juga proses gunuk api dan juga pergerakan lempeng (tekton).

Sebenarnya jika ada pihak yang peduli danau ini bisa dikembangkan demi kemajuan peradaban manusia, tapi yang terjadi sekarang bukanlah hal demikian malah terjadi pencemaran yang sangat parah di danau ini. potensi yang ada dapat meliputi sebagai pusat penelitian ekologi air tawar, atau pusat ilmu kebumian, bahkan penelitian geothermalpun bisa dilakukan.
Samosir yang berada di tengah-tengah pulau samosir merupakan daerah yang sangat unik, selain terletak ditengah-tengan danau juga memiliki danau di dalam pulau tersebut. Danau yang berada di pulau samosir adalah danau sidihoni, saat ini danau ini hampir rusak total. Airnya sudah surut, bahkan tak berapa lama lagi mungkin daerah ini tak cocok lagi dengan sebutan danau melainkan hanya kubangan tempat mandinya kerbau. Entah siapa nanti yang akan bertanggung jawab akan hal ini, enatah siapa yang bertanggung jawab meningggalkan kehancuran ke generasi berikutnya. Tak adakah lagi yang mau memperbaiki keadaan samosir, sudah kemana semua putra-putri yang katanya berbakti pada bangsa. Kemana semua orang-orang pintar itu ?

Apakah mereka sudah lupa rasanya “gadong”  ?  sudah lupakah dengan “mangombak” ? sudah lupakah dengan dekke jair ? ataukah lupa dengan marlange di tao toba ?
mungkin memang ya, tak kenal lagi sang-sang, yang dikenal hanyalah Mc Donald, atau KFC atau hanamasa. Atau bahkan makanan favorit sashimi, bah ternyata memang betul-betuk lupa pada “naniura”.
Sekarang ini Danau toba sudah hampir hancur, tinggal nunggu waktu saja semuanya akan hilang. Tak ada lagi namanya samosir, tak ada lagi danau toba. Yang dipelajari generai berikutnya hanyalah sejarah, sejarah yang mengatakan bahwa dulu di daerah sumaetra ada sebuah danau yang bernama toba.
Foto-fotonya akan ada di dalam museum, akan ada di buku, akan ada terimpan dalam komputer. Dan kita tak pernah jumpa wujudnya, danau toba bukanlah warisan nenek oyang kita melainkan hanyalah titipan anak cucu kita.
Jangan tinggalkan air mata buat generasi selanjutnya, tinggalkanlah mata air yang pada nantinya memberikan kehidupan manusia.
ket :
gadong = ubi
mangombak=mencangkul
dengke jair = ikan mujahir
marlange=berenang
naniura= makan daging mentah+bumbu
beberapa foto yang akan ada di museum masa depan :

samosir-dulu
judul koleksi museum : Zaman dahulu ada Pulau ditengan danau, Pulau Samosir dan Danau Toba
sam
samosir22
yang-tertinggal-copy

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...