Minggu, 02 Mei 2010

Jalan jadi Penguasa Yang Amanah

Saat ini tahun 2010 adalah musim pilkada, baik pilkada Gubernur maupun bupati di negeri ini. Banyak cara digunakan agar calon bupati atau gubernur menang dalam pilkada. Baik calon incumbent maupun calon baru atau independent bahkan berlomba mengadu strategi agar menang dalam pilkada. Hanya dengan cara yang sedikit gila dari biasannya yang dapat menarik perhatian konstituen. Cara cara klasik seperti penyebaran poster maupun pemasangan spanduk sudah tidak efektif lagi. Berikut ini adalah sedikit tip atau cara gila jadi Penguasa. Tentunnya tanpa melanggar aturan hukum yang ada buat para kandidat, agar dapat lolos dalam pilkada . Cara ini lebih dirinci lagi buat kandidat incumbent maupun kandindat baru.

Tip gila buat kandindat incumbent :
Tip gila buat kandindat incumbent :
1. Tonjolkan keberhasilan program selama ini, misalnya dalam hal pengentasan kemiskinan maupun dalam hal pendidikan.
2. Perbanyak kunker/kunjungan kerja ke daerah daerah pencil yang menjadi wilayahnya. Tentu hal ini akan sangat efektif sekali dalam hal menjaring konstituen baru.
3. Merangkul media masa local. Cara ini efektik karena kita yakini bahwa media visual ataupun non visual adalah kekuatan ketiga dalam politik. Kekuatan pertama adalah masa, kedua adalah partai sebagai kendaraaan dan ketiga adalah media. Apabila calon incumbent ada pemberitaan yang baik terus setiap hari, maka pencitraan pribadi akan semakin menguat disbanding calon yang lain.
4. Manfaatkan potensi yang ada dibawahnya, tanpa melanggar undang undang pemilu yang ada.
5. Perbanyak event atau kegiatan social, ex: donor darah, jalan sehat
dan pengobatan gratis.
6. Merangkul semua golongan, terutama tokoh tokoh masyarakat yang mempunyai
basis masa diwilayahnya.
7. Buatlah program kampanye yang pro pembangunan dan wong cilik, lebih kusus lagi program pengentasan pengangguran.
8. Ranggkulah pemuda, sebagai pemilih pemula. Buat program yang sesuai dengan aspirasi mereka.
9. Buat program buat wong cilik dalam hal kesehatan. Missal pemeriksaan gratis di puskesmas.
10. Pendidikan gratis 9th buat RTM. Rumah tangga miskin sesuai dengan kriteria miskin menurut pemerintah.

Selanjutnya adalah tip gila jadi penguasa buat kandindat baru ataupun calon independent. Berat memang, tetapi dengan cara jitu mudah mudahan jalan selalu terbuka. Tipnya adalah sebagai berikut ini :
1. Tunjukan ketidakberhasilan atau hal-hal yang belum dapat dicapai dalam bidang pembangunan penguasa lama dalam setiap kampanye dengan calon konstituen maupun pemilih pemula.
2. Garap pemilih pemula, karena potensinya sangat besar sekali.
3. Buat program yang menyentuh kaum perempuan. Sebagian besar pemilih adalah perempuan. Ex : pemeriksaan gratis kanker payudara misalnya.
4. Rangkul media masa local. Ingat media adalah kekuatan ke 3 dalam politik.
5. Rangkullah tokoh tokoh RT di wilayah dapil karena mereka adalah kaum birokrat paling dasar tanpa bayaran. Buat program buat mereka, tentunnya mereka akan meranggkul masa di wilayahnya buat nyoblos anda nantinya. Ex : Adannya tunjangan RT selama setahun. Selama ini belom ada. Padahal RT banyak keluar dana pribadi buat menggerakan masyarakat di wilayahnya.
6. Rangkulah tokoh tokoh maupun ulama yang mempunyai basis masa.
7. Rangkulah organisasi social yang mempunyai basis masa .
8. Perbanyak even social di daerah pemilihannya. Ex : jalan sehat maupun pengobatan gratis misalnya.
9. Bentuk Tim sukses tingkat RT di daerah pemilihan.
10. Buat program pro wong cilik baik dalam kesehatan, pendidikan maupun dalam hal pengentasan penggangguran

Kekuatan anda dibandingkan calon incumbent adalah program yang pro rakyat diwilayah anda. InsyaAllah jika anda mempunyai program yang pro rakyat dalam hal pendidikan, kesehatan maupun dalam hal pengentasan penggangguran maka anda akan dengan mudah terpilih. Jika anda melakukan cara cara diatas, baik sebagai tim sukses maupun anda sendiri sebagai kandindat penguasa maka mudah mudahan tulisan ini ada gunannya buat anda.

Semoga sukses !!!

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...