Rabu, 16 Januari 2013

tips kabel gas spontan


Namanya grip gas spontan, pasti akan memberikan reaksi yang cepat ketika grip gas dipelintir. Ya, tujuannya agar skep di karburator akan membuka lebih cepat seiring putaran genggaman tangan. Tapi, kondisi ini bisa saja jadi tidak sesuai dengan apa yang disebut di atas.
“Itu, bisa terjadi kalau panjang kabel tidak sesuai dengan kebutuhan skep membuka,” ungkap Monte, salah satu mekanik tim Honda Banten. Kejadian ini, biasa terjadi ketika penggantian kabel. Ya, mengganti kabel yang putus dengan kabel baru.

Apalagi, jika kabel gas pengganti yang dibeli bukan dikhususkan untuk kabel gas spontan. Tapi, memanfaatkan kabel gas Vespa yang tidak disediakan nepel, di mana posisinya tidak sesuai kebutuhan gas spontan.

Maka itu, ketika mengukur panjang tali gas yang dibutuhkan musti sesuai. Jadi, fungsi gas spontan jadi tidak terbuang percuma. Iya dong! Masa sudah pakai gas spontan, tapi rasa atau cara kerjanya tetap sama dengan grip gas motor standar. Kan sayang, Bro!

Jika tidak ingin itu terjadi, maka panjang kabel gas yang sobat ukur jangan terlalu mulur. “Kalau terlalu panjang juga, pastinya butuh puntiran lebih dalam agar skep di karbu naik. Apa bedanya dengan grip standar,” tambah Monte.

Gitu juga jika terlalu pendek! Pastinya, skep akan lebih dulu membuka sebelum grip gas dibejek. Langsam alias stasioner pasti akan lebih tinggi dari seharusnya.

Ayo, kita ukur bareng. Pertama, posisikan grip gas dalam keadaan menutup. Maksudnya, grip dipuntir penuh ke atas. Setelah itu, pastikan juga setelan kerenggangan kabel dalam keadaan belum membuka. Baik itu setelan di grip atau kabel, juga di tutup atas karburator.

Jika sudah, masukkan kabel gas pengganti ke dalam sarung kabel. Lalu, posisikan nepel atas dalam posisinya. Lanjutkan dengan mengukur panjang kabel untuk dudukan botol skep atau batas akhir nepel di kabel. Menurut Monte, sesuaikan panjang kabel di skep dengan kebutuhan. Mungkin jika diukur, panjang kabel yang tersisa dari tutup karbu hingga batas akhir nepel, sekitar 5 – 7 cm. Jika masih ada sedikit clearance, silakan diatur lewat setelan jarak kabel pada tutup karbu atau grip gas ya. Eces, kan?

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...