Kamis, 26 Juli 2012

Arca Buddha Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Ditemukan di Kebun Sayur

wisatamelayu.com  
Dibaca : 838 kali     Komentar: 0
Pagaralam, Warta Kota
Warga Dusun Muarasiban, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Minggu (24/4), menemukan patung Buddha yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar 10 centimeter.

"Patung ini diperkirakan peninggalan dari masa Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di ladang kebun sayur milik Arkon dengan kondisi tertimbun tanah. Selain patung, juga ditemukan sebuah koin perunggu bergambar dalam keadaan rusak akibat berkarat," kata Burlian, warga setempat.

Menurut dia, patung dan koin perunggu tersebut ditemukan di ladang sayur milik Arkon.
"Kebetulan saat mencangkul secara tidak sengaja membentur benda keras, setelah dilihat secara teliti ternyata patung Buddha berukuran 10 centimeter terbuat dari perunggu," ujarnya.

Kalau dilihat dari bentuknya, katanya, patung Buddha itu menggambarkan seseorang sedang bertapa lengkap dengan pakaian kebesaran sebagai seorang tokoh pengikut ajaran Buddha. "Kepala pada patung itu pelontos, mata agak sipit, dan dengan posisi tangan bertada di depan dada, serta memiliki kedua telinga yang panjang," ujar Burlian.

Menurut Burlian, patung itu mempunyai selendang serta jubah lengkap melilit seluruh badan dengan warna kuning kemerahan.

"Sebelumnya juga ditemukan sebuah koin yang memiliki warna agak gelap, di lokasi penemuan itu tapi tidak dalam satu tempat," kata dia.

Peneliti Balai Arkeologi Palembang, Kristantina, menyatakan di Pagaralam cukup banyak ditemukan peninggalan sejarah, seperti arca, patung, dan berbagai benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya lainnya.

"Wajar kalau cukup banyak ditemukan benda bersejarah, hal itu sebagai bukti jika Kota Pagaralam merupakan salah satu daerah peninggalan Kerajaan Sriwijaya," ujar dia.

Menurut dia, penemuan patung Buddha dan koin itu, menjadi bukti peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan diperkirakan umurnya sudah mencapai ribuan tahun. (Antara/ink)

sumber :
Arca Budha

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...