Minggu, 05 Mei 2013

Nikmatnya Mbrakoti Balung di Thengkleng Bu Edi Pasar Klewer


Thengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Bu Edi, penjual thengkleng di sisi utara gapura Pasar Klewer.
Kalau Anda pecinta makanan ‘berbau’ kambing, Solo adalah surganya. Banyak warung yang khusus menawarkan olahan daging kambing, mulai dari sate, gule, hingga tongseng. Tapi ada satu menu yang tak boleh Anda lewatkan saat mampir ke Solo, yakni tengkleng.
Konon, dulu tengkleng adalah makanan rakyat jelata yang tak mampu menikmati olahan daging kambing, seperti sate atau gule. Karena tengkleng sebenarnya adalah masakan yang diolah dari tulang belulang dan tengkorak kambing yang tak bisa dimasak menjadi sate atau gule. Tapi jangan salah, tengkleng jaman sekarang sudah naik pamornya, dan yang menikmatinya pun bukan lagi dari kalangan kere atau jelata.
Perjuangan mbrakoti atau menggerogoti tulang-tulang tengkleng ini menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Kesannya memang tidak ‘mriyayi’, tapi begitulah cara menikmati tengkleng. Kalau dapat sedikit daging yang menempel di tulang rasanya seperti mendapat berkah.
Salah satu warung yang khusus menawarkan menu tengkleng di Solo adalah warung tengkleng bu Edi. Warung ini terletak tepat di sisi utara gapura Pasar Klewer. Tidak ada papan nama atau sepanduk sebagai penanda, pokoknya asal dari jauh terlihat warung dengan antrian yang banyak, bisa dipastikan itu adalah warung tengkleng bu Edi. Jangan harap ada banyak meja dan kursi di warung ini, karena hanya disediakan satu meja ukuran sedang dan dua bangku panjang. Kebanyakan pengunjung memang memilih untuk membungkus tengkleng bu Edi untuk dibawa pulang, tapi tak jarang ada pula yang menikmatinya di tempat dengan ditemani riuh suasana Pasar Klewer.
Warung tengkleng bu Edi buka dari pukul 14.00 WIB, tapi kadang ada pembeli yang sudah antri sejak pukul 13.00 WIB. Hanya dalam waktu 2-3 jam, tengkleng di warung ini sudah ludes terjual. Harga per porsinya Rp 18.000, pengunjung juga bisa memilih bagian-bagian tertentu, seperti tulang iga, kaki, mata, kuping, lidah, pipi, sumsum, otak, dan lain-lain. Bagi sebagian orang yang tak terbiasa, memakan bagian-bagian tadi memang menyeramkan, tapi ya inilah tengkleng. Cobalah sedikit, kalau ketagihan ya tanggung sendiri akibatnya :)
Jika butuh tengkleng untuk hajatan, Anda juga bisa memesan tengkleng bu Edi melalui telepon di 0271-651552 atau datang langsung ke rumahnya di Jl. Yosodipuran RT 01/3 Solo, pesanan satu panci harganya mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...