Kamis, 30 Mei 2013

Bike Of My Life In Memoriam – RX Special

RX SPECIAL 

RX Special merupaka motor keluaran pabrikan Yamaha. Type ini merupakan facelift dari RX-S. RX-S sendiri adalah pengembangan dari RX 100. Pengembangan yang dilakukan terhadap RX-S adalah:
  • penambahan kapasitas mesin menjadi 115 cc
  • penambahan fitur AIS (Air Induction System)
  • perubahan bentuk kop silinder.
  • perubahan bentuk tangki & bentuk silinder menjadi lebih luwes.
  • pergantian speedometer, spion serta lampu sein dari bulat menjadi kotak, serta perubahan-perubahan kecil lainnya yang menjadikannya lebih sporty.
Sedangkan perbedaan dari RX-S dengan RX Special hanyalah pada penambahan cover lampu belakang.Motor ini diproduksi sekitar tahun 1983-an, atau bersamaan dengan RX King. Dan dari informasi, sepertinya halnya RX King, motor ini hanya diproduksi di Indonesia. Karena untuk luar Indonesia versi RX 100 dilanjutkan RX S dan kemudian berkembang menjadi RX Z. RX Special hadir sejaman dengan sesama motor 2 tak keluaran pabrikan lain yang sekelas yaitu Suzuki TRS dan Binter GTO, untuk Honda adalah GL Max.
Di keluarga saya, RX Special hadir sekitar tahun 1989. Kala itu motor ini sedang terkenal di daerah saya. Dari pegawai, pedagang sampai dengan tukang ojek pun memakai RX Special. Sebelumnya para tukang ojek rata-rata menggunakan Suzuki GP 100. Motor ini menggantikan peran RX 100 sebelumnya. Ayah sayapun sebenarnya sudah jarang menggunakan motor karena tempat mengajarnya pindah dekat rumah. Jadi motor ini di pindah tangankan menjadi kendaraan kakak ipar saya.
Dan motor ini akan menjadi selalu menjadi kenangan bagi saya dan keluarga. Karena ketika Ayah saya mengendarai RX Special ini untuk membeli makanan ayam, beliau mengalami kecelakaan sehingga meninggal pada usia 45 tahun pada tahun 1993 tepat sehari sebelum hari pertama masuk sekolah setelah liburan kenaikan kelas.
Untuk saya motor ini adalah pertama kali mengenal motor ber kopling tangan, walaupun saya bisa dikatakan tidak ada 5 kali memakainya. Selanjutnya  tahun 1995 motor ini dijual, tempatnya kemudian digantikan oleh Yamaha Alfa.


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...