Rabu, 23 Juni 2010

Prosedur Operasi Standard (POS) menuju Sukses Usaha Budidaya Ikan Gurami

Penulis : Dwi Hartana, STP

Melihat antusiasme para pembaca blog ataupun banyak orang melakukan searching tentang usaha bisnis ikan gurami, baik yang baru sekedar mencari informasi ataupun yang sudah mantap untuk menekuni bisnis ini maka dengan bangga saya mencoba mempersembahkan sebuah tulisan yang mungkin bisa bermanfaat dan semoga menjadi amal kebaikan bagi kita semua. Disini saya akan mencoba mengulas tentang Prosedur Operasi Standard atau bahasa kerennya Standard Operating prosedur (SOP) Menuju Sukses Usaha Budidaya kan Gurami.
Baiklah singkat saja Prosedur Operasi Standard (POS) Menuju Sukses Usaha Budidaya ikan Gurami adalah sebagai berikut :

1. Yakinkan diri anda sendiri tentang pilihan usaha budidaya Ikan gurami ini.

Sebelum anda mulai usaha ini yakinkan dulu pada diri anda sendiri bahwa anda akan bisa sukses dengan memilih usaha budidaya ikan gurami ini. Yakinkan dan mantapkan pilihan usaha ini dengan cara melihat profil orang-orang yang sudah sukses menekuni usaha budidaya ikan gurami baik tetangga sekitar tempat tinggal anda ataupun dengan cara membaca dari media massa baik itu koran, majalah, televisi, internet dan sebagainya.

2. Galilah Informasi sebanyak Mungkin Dari Orang yang Sudah Menekuni Usaha Ini

Ada baiknya sebelum memulai usaha budidaya ikan gurami ini anda menimba ilmu kepada orang-orang yang telah menekuni usaha ini dan telah berpengalaman sekian lama. Tanyakanlah kepada mereka tentang kendala-kendala yang mereka hadapi, tips-tips khusus budidaya ikan gurami, pakan yang baik dan murah, inovasi-inovasi pakan yang mereka ciptakan, teknik-teknik rahasia yang mereka kuasai. Intinya adalah timbalah ilmu sebanyak-banyaknya dan saya anjurkan anda tidak hanya memilih satu guru untuk belajar, perbanyaklah guru karena masing-masing mempunyai pengalaman yang berbeda-beda, anda tidak hanya belajar bisinis ini pada orang yang sudah sukses, yang usahanya kurang memuaskan ataupun gagal istilahn ya andapun harus berguru, percayalah semua informasi ini akan sangat berguna bagi anda kelak ketika telah memulai usaha ini.

3. Ikutlah Pelatihan Budidaya Ikan Gurami

Nah, prosedur ini wajib anda lakukan. Sebelum memulai usaha ini anda harus mengikuti pelatihan tentang budidaya ikan gurami ini. Sekarang banyak yang mempunyai jasa pelatihan budidaya ikan gurami yang dilaksanakan secara rutin 2 atau 3 bulan sekali. Nah disana anda juga akan diajarkan berbagai tips dan trik budidaya ikan gurami ini. Dan biasanya anda akan diberi kesempatan untuk mempraktekanya secara langsung. Namun setau penulis, pada tiap-tiap pelatihan, karena kebanyakan sifatnya adalah komersial, maka biasanya akan diselipkan iklan-iklan dari pengusaha yang berkaitan dengan usaha ini, misalnya pakan pabrikan, obat penambah nafsu makan pabrikan, obat untuk menyembuhkan ikan yang sakit karena terkena jamur atau virus dan sebagainya. Ada juga yang dalam memberikan pelatihan sedikit “membual” dan banyak memberikan mimpi surga. Namun percayalah saudara-saudara, pelatihan ini akan tetap sangat bermanfaat bagi anda.

4. Carilah proyek pelatihan budidaya ikan gurami dari pemerintah, lembaga penelitian ataupun LSM jika ada.

Sekarang ini banyak pelatihan budidaya ikan gurami yang diselenggarakan oleh pemerintah , lembaga-lembaga penelitian, ataupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Nah, carilah informasi tentang adanya pelatihan gratis ini, soalnya sepengetahuan penulis, setelah mengikuti pelatihan biasanya anda akan diberi modal untuk memulai usaha budidaya ikan gurami ini yang biasanya sifatnya berkelompok dan anda hanya mempunyai kewajiban untuk memelihara ikan gurami sesuai dengan petunjuk teknis yang diberikan dan biasanya anda diminta untuk memberikan laporan kemajuan tentang budidaya ikan gurami ini tiap bulan mulai dari awal penebaran hingga panen.

5. Persiapkan Lokasi Budidaya Ikan Gurami

Nah, prosedur ini sangat penting dan krusial. Pilihlah lokasi Kolam Ikan Gurami dimana anda dapat memperoleh pasokan air dengan mudah. Air dapat diperoleh dari saluran air, dari sumur pompa ataupun dari sungai. Yang menjadi catatan disini bahwa air harus steril dari pencemaran limbah pabrik ataupun bahan berbahaya lainnya.

6. Pemilihan Bibit, Jumlah Bibit, dan Luas Kolam

Nah, pilihlah bibit yang berkualitas. Ada sedikit tips untuk memilih bibit ini, jika anda akan memelihara ikan gurami dalam kolam bak berdinding semen, amak ambilah bibit yang berasal dari budidaya kolam bak berdinding semen, jika anda akan memelihara ikan gurami dalam kolam berdinding tanah, ambilah bibit yang berasal dari budidaya kolam berdinding tanah. Jumlah bibit yang akan ditebar harus disesuaikan dengan luas kolam.

7. Penebaran Bibit Ke Kolam Budidaya dan waktu penebaran
Sebelum dilakukan penebaran bibit ikan gurami, gosok gosoklah dinding kolam dengan daun papaya. Hal ini dimaksudkan agar nanti lumut segera tumbuh dan untuk menghilangkan bau semen. Tebarkanlah garam sekitar 2kg ke kolam dimaksudkan agar kolam bebas dari penyakit. Buang airnya, ganti dengan yang baru, diamkan selama 3 hari. Penebaran bibit ikan gurami sebaiknya dilaksanakan di pagi hari atau di sore hari. Bibit ikan bisa segera ditebar dengan aturan per 1 meter perseginnya hanya boleh ditebar maxsimum 20 ekor gurami dikolam pembesaran.

8. Peliharalah Ikan gurami dengan baik, catat jika ada yang mati tiap hari sebagai bahan evaluasi.

Nah, setelah bibit ditebar, langkah selanjutnya adalah pemeliharaan. Nah, disini yang terpenting adalah anda harus menjaga agar kondisi ikan merasa nyaman di kolam gurami anda. Buat si Ikan Gurami senyaman mungkin, jagalah air selalu bersih, jangan sampai kotor, jaga dari polusi, berikan makan secukupnya, berikan kombinasi antara pakan alami dan pakan pelet. Jika ada ikan yang mati ataupun sakit segera lakukan evaluasi dan segera ambil tindakan yang sesuai. Ikan biasanya akan sakit atau mati karena stres, lingkungan tidak mendukung, terkena jamur atau virus dan lain sebagainya. Sekarang banyak pakan alami ataupun buatan yang dapat membantu menyembuhkan ikan gurami dari sakitnya.

9. Jalinlah komunikasi dengan sesama pembudidaya ikan gurami dan petugas penyuluh budidaya.

Nah, ini juga langkah yang sangat penting. Jalinlah komunikasi senantiasa dan jangan sampai lupa dengan sesama teman, tetangga, ataupun kerabat yang juga menekuni usaha ini agar bisa saling bertukar informasi yang bermanfaat. Tak lupa juga saya sarankan anda menjalin komunikasi dengan petugas penyuluh dari pemerintah. Mereka akan dengan senang hati membantu anda.

10. Masa Panen dan Menjual Ikan Gurami Anda.

Nah, ketika tiba masa panen, pembeli akan langsung datang ketempat anda tanpa anda perlu berpromosi. Karena penjualan dari ikan gurami ini sangat mudah. Banyak restaurant ataupun warung-warung kecil pinggir jalan yang sangat membutuhkanya. Jualah dengan harga yang wajar dan pilihlah pembeli yang pembayaranya bagus dan tidak pernah ingkar janji dalam membayar. Selamat berbisnis ikan gurami, semoga anda sukses dan tulisan ini bisa sekedar memberi informasi ini bagi anda. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat pak
saya masasiswa desain kuliah semester 3, ingin melakukan budidaya gurami, namun tidak mengetahui sedikitpun ilmunya karena saya memang ahli di bidang desain.
kolam sudah ada di rumah, sepeninggalan ayah saya. beliau dulunya dosen perikanan di Universitas Riau.beliau wafat tanggal 10 Agustus lalu.

sejak SMA saya sudah berniat mengolahnya, namun kolam tersebut hanya digunakan penelitian ayah saya. tidak di budidayakan oleh beliau. mungkin ini saatnya saya mencoba membudidayakannya, namun sekali lagi minimnya pengetahuan saya di pembudidayaan gurami ini.

kolam rumah sangat luas, ada ikan patin, gurami, nila, ikan mas pak.
salam dari Pekanbaru

Media Curhat sebagai Pengusir Sepiku. mengatakan...

kalo terlalu luas dibuat sekat aja mas pakai jaring. satu kolam kusus untuk gurami gitu. karena ikan gurami termasuk ikan priyayi ya kalo dalam bahasa jawa. makannya ngak terlalu beringas seperti ikan yang lain. pelan pelan tapi pasti gitu. oya, dibanyakin rumput daun senthenya aja kalo dah gede. sukses.

Media Curhat sebagai Pengusir Sepiku. mengatakan...

kalo terlalu luas dibuat sekat aja mas pakai jaring. satu kolam kusus untuk gurami gitu. karena ikan gurami termasuk ikan priyayi ya kalo dalam bahasa jawa. makannya ngak terlalu beringas seperti ikan yang lain. pelan pelan tapi pasti gitu. oya, dibanyakin rumput daun senthenya aja kalo dah gede. sukses.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...