Rabu, 05 Mei 2010

Cara Mudah Membuat website Sekolah dengan Joomla

Dalam kesempatan ini saya ingin sedikit memberikan tambahan wawasan buat bapak ibu guru yang ingin membuat website sekolah. Untuk membuat website sekolah ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama anda harus mempunyai alamat domain. Kedua anda berlangganan webhosting pada penyedia jasa layanan internet, yang ketiga sekolah anda harus terkoneksi dengan internet agar proses pengeditan dan update data jadi mudah.

Untuk mempunyai alamat domain dan berlangganan webhosting, anda harus mendaftar dulu. Bisa lewat IDWebhost, JMN, JogjaCamp, ataupun internet service provider yang lain. Untuk sekolah memang ada tambahan syarat yaitu surat permohonan dari kepala sekolah yang dapat dikirim via email atau discan kemudian dikirim lewat panel yang telah disediakan. Nanti akan ada petunjuk registrasi lewat email anda. Pembayaranya biasanya lewat bank. Setelah membayar kita tinggal SMS konfirmasi saja. Dalam 24 Jam insyaaloh website sekolah anda sudah aktif.

Nah, setelah aktif anda tinggal mengisi website anda. Menurut saya yang paling mudah adalah dengan menggunakan software yang dinamakan CMS (Content Management System) yaitu berisi kebutuhan dasar dari sebuah website untuk dapat berjalan dengan baik. Disini saya menyarankan anda menggunakan Joomla, karena CMS ini sangat lengkap, dan banyak yang mensuport, banyak component, module dan plugin yang tersedia untuk joomla baik yang berbayar ataupun yang gratis, semuanya banyak tersedia, tidak sama halnya dengan CMS yang lain. Kebanyakan institusi baik pemerintah maupun swasta menggunakan CMS ini.

CMS joomla dapat langsung diinstall di website anda, akan tetapi tidak semua penyedia jasa web menyediakanya, biasanya dengan program Fantastico, namun anda dapat juga menguploadnya secara manual dengan program FTP contohnya yang populer adalah Filezila. Setelah anda menginstall joomla diwebsite anda proses pengeditan website dapat segera dimulai. Disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang pengeditan joomla, anda hanya perlu belajar secara otodidak, beli buku tentang Joomla yang banyak tersedia di toko buku terkenal misalnya Gramedia. Dan nanti jika anda menemui masalah ketika melakukan pengeditan, carilah jawabanya di google. Percayalah, Google akan sangat banyak membantu anda nantinya.

Nah, untuk tampilan yang menarik, saya sarankan anda menggunakan premium template yang sudah terkenal, misalnya Rockettheme, Shape5, Joomlart, dan lain sebagainya. Karena tampilanya jauh lebih baik dari sekedar template gratisan yang banyak tersedia di internet.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...